Berwisata ke Pantai Papuma Jember




Berwisata di pantai sangat menyenangkan. Tanjung Papuma adalah salah satu tujuan wisata di Kabupaten Jember yang mampu menyuguhkan keindahan tersebut. Pantai Papuma adalah salah satu pantai yang menarik di kunjungi jika anda sedang berlibur ke Jember. Pantai tersebut terletak kurang lebih 40 km yang terletak di sebelah slatan Kota Jember. Pantai ini, terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan.

Kata "Papuma" berasal dari akronim Pasir Putih Malikan. Sesuai dengan namanya Pantai Papuma Jember adalah sebuah penjorokan daratan ke laut dengan pantai pasir putih. Tidak hanya pasir putih yang terdapat di Papuma, batu hijau, hitam, dan putih yang berneka ragam bentuk terhampar di sisi barat Papuma yaitu Pantai Malikan. inilah yang menjadikan Pantai Papuma berbeda dengan pantai-pantai disekitarnya. Di timur Papuma ada Pantai Watu Ulo dan Pantai Payangan yang berpasir hitam. Perbedaan ini mampu mendatangkan pengunjung datang ke Papuma daripada Watu Ulo dan Payangan.

Jika anda pergi ke Pantai Papuma Jember anda akan melewati beberapa tempat yang mengasyikkan. Sebelum memasuki kawasan pantai anda akan melewati wisata hutan yang sebagian besar ditanami pohon jati. Selanjutnya setelah masuk gerbang area wisata anda akan melihat hutan yang dipenuhi pohon-pohon yang masih alami seperti palem, serut, dan beragam pohon kecil lainnya. Konon hutan ini masih menyimpan berbagi macam flora dan fauna tropis, seperti berbagai jenis burung dan juga lutung yang bergelantungan di pohon. Setelah melewati hutan Malikan kita akan disuguhi hamparan pasir putih yang bersih. Di sepanjang pasir putih sebelah barat terdapat perahu-perahu nelayan yang sedang bersandar.

Bagi anda yang berasal dari luar Jawa Timur utamanya luar Pulau Jawa yang akan berkunjung ke Jember untuk menikmati festival Jember yang mendunia itu misalnya, anda yang menggunakan transportasi udara misalnya, bisa mendarat di Landasan Udara Juanda Sidoarjo. Dari bandara jika sudah ada penjemputan dari kerabat atau kolega, bisa dipastikan perjalanan anda lebih mudah. Bila anda backpacker, banyak alternatif perjalanan yang bisa anda tempuh, paling mudah menggunakan bus Damri dari Bandara Juanda menuju Terminal Bungurasih lalu disambung dengan bus yang menuju Jember. Dari Terminal Jember, anda bisa mencari angkutan menuju ke Pantai Papuma. Alternatif lainnya adalah menggunakan mobil carteran yang sudah anda booking sebelumnya.

Setelah anda sampai di tempat wisata ini anda dapat melihat di sepanjang pantai Papuma yang terdapat pasir putih yang bersih dan indah, dan memungkinkan anda untuk datang dan berjemur di pantai tersebut. Saat matahari terbenam, suasana di pantai Papuma akan semakin indah untuk dinikmati. Senja yang temaram dan desir laut yang semakin bergemuruh menimbulkan suasan dramatis yang enggan untuk ditinggalkan. Banyak batu besar dan landscape yang menawan. Ombak yang termasuk besar dan agak berbahaya jika dipakai untuk snorkeling. Tetapi yang perlu dicatat, pantai-pantai di sini sangat memanjakan mata.

Sesampainya di loket masuk, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 3000 per orang, Rp. 1000 untuk parkir motor atau Rp. 7000 untuk parkir mobil. Biaya tersebut sudah termasuk asuransi kecelakaan. Dari sini perjalanan tinggal sekitar 10 menit lagi menggunakan kendaraan pribadi. Pengunjung harus melalui jalan mendaki dan menurun sejauh kurang lebih dua km. Sepanjang perjalanan disuguhkan pemandangan hutan nan elok. Pantai Papuma sesekali terlihat melalui sela-sela pepohonan di bukit dengan ketinggian sekitar 150 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Di Pantai Papuma Jember, terdapat tempat parkir luas di sebelah kanan jalan masuk. Mobil bisa di parkir disana. Bila perjalanan diteruskan ke arah selatan, pengunjung bisa naik ke Siti Hinggil, tempat tertinggi di ujung Tanjung Papuma sekitar 50 mdpl. Dari ketinggian ini, pengunjung bisa menyaksikan debur ombak Ganasnya Laut Selatan menyerbu bukit-bukit karang yang terpisah dari pantai. Dari ketinggian ini pula, di sisi utara terhampar ekosistem hutan yang sangat bagus karena terjaga kelestariannya dengan pohon gebang mendominansi. Turun dari Siti Hinggil pantai berbatu di sebelah selatan dan ekosistem hutan di sebelah utara bisa dinikmati sambil berjalan atau berkendara ke arah barat. Di sinilah tampak sekali kekayaan keanekaragaman hayati ekosistem pantai, Formasi Pes-caprae dan Formasi Barringtonia.

Jika anda bingung untuk memilih tempat yang pas untuk diambil gambar/mengabadikan gambar adalah bisa di arahkan ke pulau, ke laut, bisa juga di pasir putih,dan masih banyak lagi yang bisa anda abadikan.



Sebagai salah satu obyek wisata andalan di kota Jember, Pantai Papuma memiliki fasilitas-fasilitas yang memadai. Mulai dari deretan warung yang dikelola oleh warga sekitar, kamar mandi umum, hingga penginapan yang dikelola Perhutani tersedia di pantai ini. Perahu milik nelayan bisa disewa jikalau anda ingin berkeliling di sekitar pantai. jika pengunjung pantai sedang ramai, petugas SAR siap siaga untuk keselamatan anda. Anda juga bisa menjumpai banyak sekali warung makan yang menyediakan menu seafood dan makanan lezat lainnya, cocok buat anda yang ingin berkuliner ria. Juga penginapan dan bumi perkemahan.




Bagi anda yang ingin bermalam di Tanjung Papuma terdapat beberapa vila yang disewakan oleh pengelola wisata dari pihak Perhutani. Harga penginapan bervariasi tergantung fasilitas yang tersedia, seperti kamar ber AC, single bed, kamar mandi dalam, TV dan beranda kecil. Tarif berkisar Rp 300.000 – Rp 500.000. Hotel yang dapat anda kunjungi Hotel Merdeka, Hotel Istana, Hotel Aston atau Hotel Bintang Mulia. Terserah mau milih yang mana.

Banyak tempat makanan yang akan anda temui jika disana. Di sekitar pantai banyak deretan orang yang berjualan. Seperti gorengan, minuman ringan, camilan ringan, layang-layang, dan lain-lain.

Keperluan yang dapat anda bawa saat menuju lokasi Pantai Papuma adalah ransel, sandal/sepatu, camilan saat diperjalanan, baju ganti, keperluan sholat jika perlu, sun block (untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari), kamera, peralatan renang/selam, tisu basah jika perlu, air putih, peralatan bermain jika perlu untuk dibawa.

Alat komunikasi yang menunjang didaerah ini saya kurang tau, karena waktu itu saya menggunakan kartu 3. Saat itu sinyal saya jelek. Jadi bagi anda pengguna kartu 3 sebaiknya jangan menggunakan karena sinyal disini jelek. 

Saran untuk pengunjung, harap berhati-hati karena ombak di pantai ini cukup besar. Karena itu kita harus berhati-hati agar tidak terhanyut ombak.


Selamat menikmati keindahan Pantai Papuma Jember dan selamat menikmati perjalanan wisata anda.



































0 komentar:

Posting Komentar