Makanan Bergizi

Assalamualaikum Wr.Wb.


http://www.cintamela.com/wp-content/uploads/2015/06/Daftar-Menu-Makan-4-Sehat-5-Sempurna.jpg

          Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus dikonsumsi setiap hari. Konsumsi makanan sangat penting sekali untuk kelangsungan hidup kita. Ada bermacam-macam jenis makanan yang bisa dikonsumsi. Kita harus mengkonsumsi makanan yang bergizi lengkap dan seimbang. Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti: karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air yang lengkap dan seimbang yang sesuai kebutuhan tubuh kita.

           Makanan yang kita konsumsi mempunyai banyak manfaat bagi tumbuh kembang dan kesehatan tubuh kita. Inilah manfaat makanan bagi tubuh kita:

  1. Karbohidrat : sebagai sumber energi yang bermanfaat untuk aktivitas fisik. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi, jagung, singkong, roti, kentang, sagu, gandum, ubi, dan olahan lainnya. Sisa karbohidrat yang tak terpakai disimpan di dalam tubuh sebagai teman yang akan digunakan sebagai cadangan makanan.
  2. Lemak : sebagai cadangan makanan, melarutkan vitamin A, D, E, dan K, menghangatkan tubuh. Lemak terdapat pada minyak goreng, mentega, margarin, lemak pada daging, dan lain-lain.
  3. Protein : sebagai zat pembangun. Protein membentuk sel-sel pada jaringan tubuh manusia. Protein juga menggantikan sel-sel tubuh yang rusak dan mempertahankan fungsi organ tubuh. Sumber protein adalah daging sapi, ayam, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, tempe, tahu, dan lain-lain.
  4. Vitamin, mineral, air : sebagai pengatur semua proses di dalam tubuh seperti proses peredaran darah dan proses pernafasan. Selain itu juga untuk menjaga kesehatan dan menghindarkan tubuh dari penyakit. Vitamin, mineral terdapat pada buah, sayur, dan susu. Sementara air bisa kita dapatkan dari air minum.
          Alangkah pentingnya makanan bagi tubuh kita. Jadi kita harus bisa memilih makanan yang bergizi lengkap dan seimbang agar tubuh kita selalu sehat. Kalau tubuh kita sehat, kita dapat beraktivitas dengan baik. Bukankah di dalam tubuh yang sehat..... terdapat jiwa yang kuat!

Sekian dari saya 😊
Wassalamualaikum Wr.Wb.
#7hariblogging

By Diaz Shafira
      SMAN 11 SBY/ X IPA 1

0 komentar:

Posting Komentar