Kompos

Assalamualaikum Wr.Wb.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8yZohOoY9SGcd2tfLD0oLtav-jpcKH6LGtDjZKs3IdDS2kqw8HkFFXq4-pjCaauHc-uiF7ErRdwAjP5RFDvhbLx2LplblBQGEmbezs2R4bpwdrAYvqXji7uf9zUKS9IdodAjx-EnAaz7k/s1600/globeguycomposting.jpg

          Ada banyak macam pupuk yang digunakan oleh masyarakat. Pupuk dibagi menjadi pupuk organik dan pupuk anorganik. Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari makhluk hidup. Sedangkan pupuk anorganik adalah pupuk yang berasal bukan dari makhluk hidup atau bukan kimia. Contoh pupuk organik adalah pupuk kompos pupuk hijau pupuk kandang dan lain-lain. Disini saja memilih pupuk kompos yang ramah lingkungan karena mudah diurai oleh bakteri. Selain itu cara pembuatannyapun mudah.

          Cara pembuatan pupuk kompos adalah :

  1. Campur sampah daun-daunan dan Sampah kotoran ternak ke dalam bak atau ember yang dibawahnya ditutupi tanah dan diberi lubang kecil-kecil.
  2. Tambahkan satu lapisan tanah di atasnya, lalu duduk dengan karung goni.
  3. Ulangi proses pertama dan kedua untuk lapisan berikutnya setiap 2 hari sekali.
  4. Setiap 7 hari Aduh kompos dan tutup kembali.
  5. Agar prosesnya lebih cepat tambahkan bio-activator
  6. Setelah 4-6 Minggu pupuk berwarna kehitaman dan tidak bau sampah, maka kompos sudah jadi.
  7. Ayak kompos. Kompos yang kasar sebagai bio-activator untuk membuat kompos lagi sedangkan kompos yang halus yang digunakan untuk merabuk tanaman.
           Mudahkan cara membuat kompos? Banyak manfaat yang kita dapatkan lho! Pupuk kompos ramah lingkungan karena berasal dari bahan-bahan organik sehingga mudah diurai oleh bakteri pengurai yang ada di tanah. Kompas dapat menyuburkan tanaman tanpa menimbulkan dampak buruk. Berbeda dengan pupuk kimia, apabila dipakai terus menerus dan berlebihan dapat merusak kesuburan tanah dan menyuburkan gulma. Pembuatannya sangat mudah. Biayanya pun sangat murah. Karena berasal dari sampah dan limbah yang sudah tidak terpakai. Kalau bisa dimanfaatkan, kenapa tidak? selain mengurangi jumlah sampah di bumi, bisa mengurangi pengeluaran apabila dijual bisa mendatangkan keuntungan setuju?

Sekian informasi dari saya 
Wassalamualaikum Wr. Wb.
#7hariblogging


0 komentar:

Posting Komentar